Saturday 7 January 2012

Pertumubuhan dan perkembangan


1.      Devenisi pertumbuhan dan Perkembangan (Tumbang)
1.1  Devenisi menurut ahli
Pertumbuhan
-          Menurut Kamarudin Husin(1997:4) pertumbuhan bermaksud suatu perubahan yang     boleh dinilai atau diukur satu peringkat perkembangan yang lain dari satu jangka masa  ke satu jangka masa yang  lain.
-          Menurut Karl Garrison dalam murugiah, pertumbuhan merupakan perkembangan        seorang individu dalam bentuk size badan yaitu perubahan-perubahan  otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjer.
-          Menurut Atan Long Pula pertumbuhan adalah perubahan yang dapat diukur dari suatu peringkat  ke satu peringkat lainnya.
-          Menurut Arnold Gesell dalam Kamarudin Husin, mengatakan bahwa perumbuhan        manusia adalah mengikuti corak yang dapat ditelah
      Perkembangan
-          Menurut Crow dan Crow perkembangan merupakan perubahan secara kualitatif serta cendrung kea rah lebih baik dari segi pemikiran,rohani,moral,dan social.
-          Menurut E.Garrison perkembangan adalah dihasilkan daripada tindakan yang saling     berkaitan diantara perkembangan jasmani dan pembelajaran.
-          Menurut D.S Wright dan Ann Taylor perkembangan sebagai perubahan yang berlaku  dalam warisan hayat dan organisasi kepada struktur organisme dalam keadaan saling berkait serta berhubung dengan pertambahan umur.
-          Menurut Attan Long perkembangan merupakan perubahan yang bersifat kualiti.
1.2  Devenisi menurut buku
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran jan jumlah sel serta jaringan interselular,berarti bertrambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan,sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat.
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar,gerak halus,bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.
Pertumbuhan terjadi secara simulltan dengan perkembangan. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya,misalnya perkembangan system neuromuskuker, kemampuan bicara, emosi dan sosialisasi.Kesemua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh.
2.      Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan (Tumbang)
Tumbuh kembang yang dimulai sejak konsepsi sampai dewasa mempunyai ciri-ciri tersendiri, yaitu (Soetjiningsih, 1995) :
·         Tumbuh kembang adalah proses yang kontinyu sejak konsepsi sampai maturitas atau dewasa, dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan.
·         Dalam periode tertentu terdapat adanya masa percepatan atau masa perlambatan, serta laju tumbuh kembang yang berlainan diantara organ-organ.
·         Pola perkembangan anak adalah sama, tetapi kecepatannya berbeda antara anak satu dengan lainnya.
·          Perkembangan erat hubungannya dengan maturasi system susunan saraf.
·          Aktivitas seluruh tubuh diganti respon individu yang khas.
·         Arah perkembangan anak adalah cephalocaudal.
·         Refleks primitive seperti refleks memegang dan berjalan akan menghilang sebelum gerakan volunter tercapai.
Ciri-ciri pertumbuhan
-          Dalam pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran dalani hal bertambahnya ukuran fisik, seperti berat badan, tinggi badan, dll
-          Dalam pertumbuhan dapat terjadi perobahan proporsi yang dapat terlihat dari fisik atau organ manusia yang muncul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa
-          Hilangnya tanda-tanda  atau cirri-ciri  yang lama(hilang nya kelenjer timus,bayi hilangnya reflek kedip mata,digantinya gigi susu)
-          Tumbuhnya cirii-ciri baru dan tinggalkan tanda-tanda atau cirri-ciri   yang lama,diproleh tanda-tanda yang baru seiring proses kematangan
Ciri-ciri perkembangan
-          Perkembangan selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi,seperti perkembangan system reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi alat kelamin.
-          Perkembangan memiliki pola yang konstan dengan hokum tetap, yaitu perkembangan dapat terjadi dari daerah kepala menuju kea rah kaudal atau dari bagian proksimal ke bagian distal.
-          Perkembangan memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang sederhana manuju kemampuan melakukan hal yagng sempurna.
-          Perkembangan setiap individu memiliki kecepatan pencapaian perkemabngan yang berbeda
-          Perkemabngan dapat menentukan pertumbuhan tahap selajutnya, dimna tahapan perkembangan harus melewati tahap demi tahap ( Narendra,2002)

3.      

No comments:

Post a Comment